7 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized dengan Mudah

Cara mengatasi usb device not recognized
Cara mengatasi usb device not recognized, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai memperbaiki usb not recognized yang biasanya dialami ketika mencolokkan kabel usb ke computer maupun leptop baik kabel print, mouse, keyboard maupun kabel data bahkan usb android tidak terdeteksi diwindows yang kadang membuat kita jengkel. Nah, terus bagaimana cara mengatasi usb device not recognized di windows 7 8 10? Sebelum membahas mengenai cara mengatasi usb device not recognized diwindows sebaiknya perlu diketahui penyebab usb device not recognized.

Penyebab USB Device Not Recognized

Banyak hal yang mempengaruhi kenapa usb device not recognized, berikut adalah beberapa penyebab usb not recognized:

a.  USB Device yang bermasalah

b.  Penginstalan versi driver USB yang berbeda
c.  Kabel data USB yang bermasalah
d. Host controller hardware bermasalah

Itulah penyebab usb not recognized, langkah selanjutnya sebelum cara mengatasi usb device not recognized sebaiknya melakukan identifikasi manakan yang bermasalah sebaiknya menggunakan 2 komputer atau leptop untuk membandingkan manakah yang bermasalah. Perlu dicoba satu persatu usb device, versi drivernya, kabel data atau host controller hardware yang bermasalah. Jika ternyata kedua computer tidak mendeteksi bisa jadi flashdisk atau kabel datanya yang bermasalah. Pada langkah ini sangat penting sehingga untuk mempermudah dan melakukan solusi berikutnya, jika sudah menemukan titik permasalahannya bisa berlanjut pada cara mengatasi usb device not recognized.

Cara Mengatasi USB Device Not Recognized

Cara mudah mengatasi USB device not recognized yaitu dengan beberapa langkah, berikut adalah caranya:

1. Matikan atau restart computer anda

Motherboard adalah sesuatu yang sangat penting pada bagian leptop maupun komputer anda karena semua hardware pada computer terletak pada motherboard sehingga perlu juga untuk mengistirahatkan motherboard. Caranya dengan tekan tombol shutdown pada leptop maupun computer tunggu selama kurang lebih satu menit untuk menyalakan computer atau leptop, dengan begitu microprocessor dimotherboard akan mereload driver dan port USB dan dapat mengenali kembali perangkat USB yang bermasalah tadi.

2.  Melakukan system restore

Saya sudah matikan dan restasrt computer tetapi tetap USB Device not recognized? Dengan menggunakan langkah pertama tidak berhasil maka langkah kedua yaitu system restore. Langkah untuk melakukan system restore membuka menu Start -> All Programs -> Accessories -> System Tools -> System Restore.
Tujuan dari melakukan system restore ini adalah untuk mengembalikan konfigurasi computer sebeleum kejadian usb device not reconized atau USB tidak terdeteksi, tentunya anda sudah mengaktifkan tools ini sebelumnya. Kelemahan dari melakukam system restore adalah beberapa aplikasi akan hilang.

3. Unistall USB Host Controller

Cara menguninstall USB Host Controller ini adalah cara yang paling mudah dan sering dicoba untuk mengatasi USB Device Not Recognized. Untuk meng-unistall maka anda perlu masuk pada menu device manager caranya yaitu klik Start -> Run -> ketik devmgmt.msc -> Ok, dengan begitu menu device manager akan terbuka selanjutnya tinggal  klik universal serial bus controllers maka akan muncul USB Enchanced Host Controller, kemudian klik kanan -> uninstall. Lakukanlah restart ulang computer maka computer anda dapat membaca kembali masalah usb not recognized.

4. Jika pada Leptop USB Not Recognized

Langkah sederhana yang perlu anda coba jika usb device not recognized pada leptop adalah dengan melepas baterai leptop kemudian memasangnya kembali. Cara sederhana ini sangat aneh tetapi banyak juga yang dapat terbaca kembali USB devicenya.

5.  Kabel Data USB

Jika dengan empat langkah diatas belum juga bisa mengatasi usb device not recognized, bisa jadi kabel data USB yang bermasalah cobalah dengan kabel data USB yang lainnya yang tentunya berfungsi sehingga bisa dijadikan pembanding apakah kabel data USB yang rusak atau bermasalah.

6. Menggunakan Microsoft Fixit

Jika ada kendala dengan USB device biasanya dari system opersi akan memberikan solusi dengan tool Microsoft fixit. Biasanya anda akan menuju halaman kesitusnya yaitu diagnose and fix windows USB problem automatically, selanjutnya klik tombol Run Now, maka anda membutuhkan koneksi internet untuk mendownload file yang dibutuhkan untu mengatasi USB device not recognized.

7. Install Ulang

Jika memang dengan cara-cara diatas belum bisa mengatasi masalah USB device not recognized maka langkah terakhir adalah dengan melakukan install ulang computer maupun leptop anda. Dengan melakukan install ulang maka system operasi dan hardware diganti dan kembali pada pengaturan default.


Demikian 7 cara ampuh untuk mengatasi USB device not recognized yang perlu anda coba. Lakukan langkah-langkah diatas dengan tenang dan sabar sehingga tidak perlu melakukan kesalahan yang tidak penting. Semoga artikel ini membantu anda, bagikan artikel ini jika ada teman yang membutuhkan atau yang sedang memiliki masalah mengenai USB device not recognized dapat teratasi. Selamat mencoba dan terimakasih.

Pencarian:

7 Cara Mengatasi USB Device Not Recognized dengan Mudah | seekersec93 | 4.5