Selasa, 30 Mei 2017

Cara Membuat Footnote (Catatan kaki) di MS Word yang Benar




Footnote adalah catatan dikaki halaman atau sering disebut dengan catatan kaki untuk menyatakan suatu sumber dari kutipan, pernyataan, ikhtisar atau pendapat. Bagaimana cara membuat footnote yang benar?untuk bisa membuat footnote (catatan kaki) yang benar maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam penulisan catatan kaki atau footnote. Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat footnote:

Cara Membuat Footnote

a. Footnote (catatan kaki) dari sebuah buku
Jika footnote diambil dari sebuah buku maka urutan yang harus ditulis adalah nama pengarang, judul, penerbit, tempat buku diterbitkan, tahun, halaman yang dikutip.
-Untuk satu pengarang contohnya:
                   1Adi Bangkit Wijaya, Bercocok Tanam dengan Teknik Bonsai, Penebar Swadaya, Bogor, 2010, hlm. 10.

-Untuk dua pengarang contohnya:
                   2Anwar Asyari dan  R. Dhoni, Menggunakan Media Online Untuk Berbisnis, Pustaka Satu, Surakarta, 2003, hlm. 30.

b.Footnote (catatan kaki) yang bersumber dari internet
Jika footnote diambil dari internet maka yang perlu ditulis urutannya penulis, judul, alamat situs, tanggal, waktu.
   3Dhoni Safii, “5 Cara Membuka Situs Yang Diblokir, diakses dari http://www.seekersec.com/2017/05/5-cara-membuka-situs-yang-diblokir.html, pada tanggal 29 Mei 2017 pukul 09.00

c.Footnote (catatan kaki) dari majalah
Jika footnote diambil dari sebuah majalah maka penulisan yang benar adalah penulis, judul, nama majalah, tanggal penerbitan penulisan, halaman yang dikutip.
             4Mochtar Naim, “Mengapa Orang Minang Merantau?” Tempo, 31 Januari 1975, hlm. 36.


Singkatan Dalam Footnote

Dalam sebuah penulisan footnote ada beberapa singkatan yang bertujuan untuk mempersingkat sebuah penulisan, singkatan itu adalah sebagai berikut
1. Ibid, merupakan singkatan dari ibidem. Singkatan ini berfungsi untuk menunjukan sumber yang sama dengan yang sebelumnya.

2. Cit., merupakan kependekan dari opera citato. Singkatan ini sama seperti ibid hanya bedanya kutipan sebelumnya sudah diselingi dengan kutipan lain. 

3. Cit, meripakan singkatan dari loco citato. Singkatan ini ditulis apabila menunjuk halamamn yang samadari sebuah sumber yang telah disebut sebelumnya.


Cara Membuat Catatan Kaki di Word

Dizaman yang sudah modern seperti ini sudah jarang menggunakan mesin ketik kebanyakan sudah menggunakan leptop maupun computer. Biasanya program ataupun aplikasi yang digunakan untuk menulis maupun untuk mengetik adalah Microsoft word. Untuk lebih jelasnya berikut adalah cara membuat footnote di word 2007 2010 2013 yang bisa anda praktekan karena membuat footnote menggunakan MS word sangatlah mudah dan simple, berikut adalah cara membuat footnote (catatan kaki):

1. Tanda Kutipan
Langkah pertama yaitu meletakan kursor mouse pada kalimat yang ingin dikutip yang dibubuhi dengan footnote. Setelah itu klik menu references pada bagian atas untuk memunculkan ribbonnya, setelah muncul klik tanda panah yang berbentuk kotak kecilyang berada disamping tulisan footnote untuk membuka jendela footnote dan endnote.


2. Format footnote (catatan kaki)
Jika jendela menu footnote sudah terbuka maka disana anda dapat mengatur footnote yaitu letak footnote, penomoran, kemudian tekan insert.


3. Masukkan konten footnote (catatan kaki)
Disini anda akan melihat nomor kecil pada kuitipan yang sudah anda tandai sebelumnya. Silahkan klik angka tersebut lalu tulis footnote (catatan kaki) nya. Jika sudah selesai anda tinggal mengulang-ulangi langkah tersebut untuk membuat footnote berikutnya

Demikianlah  cara membuat footnote di word 2007 2010 2013 karena semua versi word bisa digunakan untuk membuat footnote (catatan kaki). Selamat mencoba, jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan kepada teman yang sedang kesulitan mengenai membuat footnote. Terimakasih 



Like Facebook
Retweet Twitter
Plus ONe

Related : Cara Membuat Footnote (Catatan kaki) di MS Word yang Benar