Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca

flashdisk tidak terbaca

Flashdisk tidak terbaca? Jangan panik, tentunya beberapa orang pernah mengalami kendala mengenai flashdisk. Ada beberapa kasus seperti flashdisk tidak terbaca dilaptop, flashdisk tidak terbaca dibios bahkan ada flashdisk terdeteksi tapi tidak terbaca. Wajar jika beberapa orang sangat depresi ketika flashdisk tidak terbaca karena flashdisk berisi sesuatu yang penting bahkan sangat krusial. Terus, cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca bagaimana? Sebelum memasuki tutorial cara membuka flashdisk yang tidak terbaca sebaiknya kita perlu tahu kenapa flashdisk tidak terbaca.

Kenapa Flashdisk Tidak Terbaca


Ada beberapa penyebab kenapa flashdisk tidak terbaca, berikut adalah beberapa kasus yang menyebabkan flashdisk tidak terbaca:
1. Sering mencabut flashdisk dari leptop, pc maupun dari netbook tanpa di eject dahulu atau removable disk. Maka untuk menjaga flashdisk tetap awet dan terbaca sebaiknya jangan terburu-buru untuk mencabutnya.

2.  Beberapa usb driver pada leptop atau computer tidak sesuai dengan flashdisk, sehingga perlu untuk menginstal usb driver yang sesuai.

3. Tempat usb atau colokan port usb pada leptop atau computer yang rusak. Jadi jangan langsung menyalahkan flashdisknya tetapi perlu diperhatikan juga colokan usbnya.

4.  Flashdisk tidak terbaca karena virus. Banyak virus dari computer maupun leptop yang menjadi sebab kenapa flashdisk tidak terbaca

Setelah mengetahui penyebab flashdisk tidak terbaca maka yang penting adalah cara memperbaiki flashdisk. Sebelum berlanjut kepada cara memperbaiki flashdisk yang rusak sebaiknya untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu atau mengidentifikasi permasalahannya. Flashdisknya, usb driver nya atau port (colokan) usbnya. Jika ternyata yang bermasalah adalah flashdisknya maka ada beberapa langkah yang perlu anda coba:

Cara Memformat Fashdisk


1. Langkah yang perlu anda coba adalah dengan cara memformat flashdisk.
Untuk memformat flashdisk langkah-langkanya yaitu flashdisk ditancapkan pada leptop maupun computer, klik star pada menu kemudian pada kolom search program and files ketik compmgmt.msc selanjutnya klik program compmgmt maka akan muncul kotak dialog computer management kemudian pilih storage, kemudian disk management ditunggu loadingnya jika sudah terdeteksi klik kanan kemudian format. Begitulah cara memformat flashdisk yang mudah.

2. Jika tidak bisa memformat flashdisk, maka cara membuka flashdisk yang tidak terbaca dengan menggunakan softwear HDD Low Level Format. Jika sudah mendownload softwear ini anda cukup dengan menjalankan softwear tersebut supaya flashdisk dapat terbaca.

Cara Memperbaiki Flashdisk Dengan Cmd


3. Flashdisk terbaca tapi tidak bisa dibuka, untuk bisa membuka perlu anda coba menggunakan perintah CMD. Terus bagaimana caranya? Berikut adalah cara memperbaiki flashdisk yang tidak terbaca dengan cmd:
      a.  Flashdisk dicolokan pada port usb pada computer maupun leptop
  1. Buka Command Prompt, langkahnya click Start – Run – tulis cmd
  2. Buka tempat flashdisk anda misalnyanya di G, tulis di command prompt g :
  3. Lalu anda tulis chkdsk/f, selanjutnya akan terlihat tulisan, serta akan ada pilihan (Y/N). tulis Y untuk yes.
  4. Kemudian, akan ada pilihan untuk merestart computer anda, tentukan yes untuk merestart computer anda. Biarlah sistem berjalan.
Demikianlah cara jitu dan mudah untuk membuka flashdisk tidak terbaca, cara diatas sebagai langkah alternative untuk membaca flashdisk yang tidak terbaca. Tentunya ada tindakan preventif supaya flashdisk tidak rusak atau tidak terbaca. Hal yang paling penting yaitu flashdisk yang anda beli bukan flashdisk KW atau flashdisk abal-abal. Karena flashdisk yang abal-abal akan mudah rusak atau flashdisk terdeteksi tapi tidak bisa dibuka. Kualitas flashdisk berpengaruh terhadap kinerja flashdisk, lebih baik mahal sedikit tetapi awet dan bertahan bertahun-tahun dari pada murah tetapi membuat flashdisk cepat rusak.
Cara Mudah Memperbaiki Flashdisk Tidak Terbaca | seekersec93 | 4.5